ADVERTISMENT

img
Tips

4 Tips Merebus Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

4 Tips Merebus Daun Pepaya Agar Tidak Pahit
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Daun pepaya memang punya rasa pahit, tapi bila diolah dengan baik rasa pahitnya bisa berkurang. Bahkan bisa memberi cita rasa yang khas.

Untuk mengurangi rasa pahit daun pepaya dan menjaga warna hijaunya tetap segar, ada cara perebusan yang bisa dicoba. Dengan menggunakan bahan sederhana, kita bisa mendapatkan daun pepaya yang enak untuk diolah. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Cuci Bersih Daun Pepaya

Daun pepaya yang akan direbus perlu dicuci bersih lebih dahulu. Sebisa mungkin hilangkan getahnya. Lalu, didihkan air untuk persiapan merebus.

2. Gunakan Garam dan Asam Jawa

Untuk lima lembar daun pepaya, bisa pakai 1 sdm garam dan 1 sdm asam jawa. Masukkan garam dan asam jawa ke air rebusan. Setelah air mendidih, masukkan daun pepaya untuk direbus.

3. Rebus 5 Menit

Daun pepaya bisa direbus 3-5 menit. Bisa juga disesuaikan dengan keinginan. Kalau ingin teksturnya tidak terlalu lembek mungkin cukup direbus 3 menit saja.

4. Rendam dalam Air Berisi Es Batu

Siapkan air dalam baskom yang diberi es batu. Masukkan daun pepaya yang sudah direbus ke dalam air berisi es batu tersebut. Cara ini bisa menjaga warna hijaunya tetap cerah dan segar.

Setelah ditiriskan, daun pepaya bisa diolah atau dibumbui sesuai selera. Selamat mencoba dan semoga tipsnya bermanfaat.

Sumber: https://m.fimela.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.