ADVERTISMENT

img
Tips

Tips dan Trik Membuat Molen Coklat yang Renyah dan Anti Gagal

Tips dan Trik Membuat Molen Coklat yang Renyah dan Anti Gagal
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Tips Membuat Molen Coklat yang Renyah Tahan Lamap

1. Pakai Pisang Yang Tepat 

Untuk membuat pisang molen yang harus diperhatikan yaitu pisangnya, agar rasanya enak. Setelah itu baru teliti pengolahan bagian kulitnya. Tidak semua pisang cocok untuk diolah menjadi dessert. Untuk membuat molen, jenis pisang kepoklah yang paling pas. Mulai dari pisang goreng, isian leker, bahkan di jadikan kolak pun sangat pas jika menggunakan pisang kepok.

Rasa pisang kepok yang manis, dengan tekstur lembut dan empuk, sangat pas untuk isian pisang molen.

Selain itu juga pisang yang digunakan harus jenis pisang yang memiliki kadar air cukup rendah. Hal ini dikarenakan jika jenis pisang yang digunakan adalah jenis pisang uli yang pada umumnya bertekstur lembut dan lembab.

Mungkin pada saat kita menggorengnya, tekstur si pisang akan melempem dan sulit untuk mendapatkan pisang yang krispi. Hal inilah yang dapat mengurangi kenikmatan dari olahan pisang goreng ini.

Salah satu jenis pisang ini adalah pisang yang paling cocok untuk digoreng. Pada olahan pisang yang di goreng untuk beberapa pedagang pisang goreng mereka akan cenderung menggunakan jenis pisang ini untuk bahan utamanya.

Karena jenis pisang kepok adalah jenis pisang yang memenehui kreteria pisang yang cocok untuk kita goreng. Selain itu tekstur pisang ini lebih padat dan memungkinkan anda untuk bisa mendapatkan rasa pisang yang lezat dan nikmat saat kita menyantapnya.

2. Pakai Tepung Protein Sedang

Untuk hasil yang maksimal, pastikan Anda memilih jenis tepung yang tepat. Beda jenis tepung, tentu hasilnya juga akan berbeda. Semakin tinggi tepung terigu makan teksturnya akan semakin lembut dan kenyal. Oleh karena itu gunakanlah tepung protein sedang untuk pembuatan kulit molennya.

Jika Anda masih punya stok tepung terigu protein sedang di rumah, pastikan kualitas tepung masih baik ya. Hal ini sangat penting dalam menentukan kualitas molen yang dihasilkan. Karena itu jika Anda punya sisa tepung, simpan juga dengan tepat supaya bisa digunakan berkali-kali tanpa mengurangi hasil masakan.

3. Keseimbangan Komposisi Bahan

Jangan malas menggunakan timbangan dan mengecek resep yang sudah teruji. Ikuti petunjuknya dan jangan hanya menduga-duga. Keseimbangan takaran satu sama lain sangat penting untuk menciptakan tekstur kulit molen yang renyahnya pas. Untuk 250 gram tepung terigu, tambahkan 3 sendok makan tepung maizena. Ayak dahulu semuanya sampai rata.

4. Gunakan Air Dingin Untuk Menguleni

Setelah diayak, tepung dengan gula, garam, dan margarin sampai rata. Uleni adonan dengan air es. Ini adalah trik agar kulit molen tidak alot setelah digoreng. Uleni sampai kalis dan tidak lengket, ya.

6. Penggorengan Yang Benar

Jika semua adonan sudah siap, goreng molen dengan minyak yang baru dan panas. Hal ini akan membuat kulitnya menjadi renyah. Selain itu goreng dengan teknik membulak balikan adonan di dalam minyaknya supaya matangnya merata.

Jangan ragu untuk mencoba dan selamat mencoba !

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.