ADVERTISMENT

img
Tips

Yuk Terapkan Strategi Pemasaran Dengan "Integrated Digital Marketing"

Yuk Terapkan Strategi Pemasaran Dengan "Integrated Digital Marketing"
Artikel ditulis olehWisnu Saputro

Integrated digital marketing adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan dan menyatukan segala komponen sumber daya digital yang ada. Hal tersebut sebagai cara untuk memperkuat efektivitas pemasaran.

Sinergi antara blog, kampanye brand, media sosial, dan sebagainya harus berkolaborasi secara real time untuk menjangkau konsumen yang bervariatif.

Integrated marketing communication adalah bagian dari kegiatan marketing yang timbul dikarenakan kebutuhan dari produk untuk mengkomunikasikan diri kepada target audience atau konsumennya.

Dalam usaha mencapai tujuan ini salah satu usaha yang dilakukan bahwa produk tersebut harus dikenal oleh konsumennya. Untuk dikenal maka produk harus melakukan komunikasi dengan target audience atau konsumennnya.

Tips dalam menjalankan Integrated Marketing diantaranya:

➢ Personal Selling

Merupakan suatu kegiatan melakukan kontak langsung dengan konsumen dalam hal ini orang yang diyakini akan membeli produk dengan cara melakukan penawaran yang aktif dan proses follow up sampai konsumen akhirnya setuju untuk membeli.

➢ Advertising

Komunikasi ini dijalankan melalui iklan, untuk memberikan informasi mengenai produk dan persuasif. Informasi ditentukan dan dibuat oleh pengiklan dengan bantuan advertising agency. Iklan dipasang di mediamedia sesuai tujuan dan strategi dengan melakukan pembelian ruang iklan di media-media.

➢ Sales Promotion

Kegiatan yang dilakukan melalui penawaran-penawaran yang khusus, misalnya beli 1 dapat bonus 1 dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh sales untuk promosi.

➢ Public Relation

PR adalah komunikasi yang dilakukan oleh media melalui pendekatan dari pengiklan namun penulisan di media adalah didominasi oleh media dan tidak adanya pembelian seperti pada advertising diatas.

➢ Kegiatan

Hal lain yang bisa anda lakukan andalah dengan kegiatan di tempattempat tertentu dengan melakukan berbagai macam kegiatan yang disukai atau dibutuhkan oleh konsumen. Melalui kegiatan ini diharapkan produk dapat menginformasikan keberadaannya kepada konsumen. Misalnya melakukan acara musik di lapangan atau di gedung, melakukan acara nonton bareng, melakukan acara perlombaan dan lain-lain. Kapan dan bagaimana masing-masing kegiatan ini dilakukan semua tergantung pada kebutuhan dan kondisi produk.

➢ Word of Mouth

Word of mouth adalah komunikasi bagaiman sehingga produk menjadi bahan pembicaraan dan direkomendasikan oleh orang-orang yang sudah menggunakan kepada orang-orang yang belum menggunakan. Word of mouth kadang terjadi di luar kontrol oleh produk tetapi hal ini juga bisa diciptakan, apalagi kalau produknya memang bagus.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.