ADVERTISMENT

Tips

Cara Mengatasi Hambatan Dalam Memulai Bisnis Untuk Pemula

Artikel ditulis olehWisnu Saputro

Sebagian besar orang masih merasa sulit untuk menjalankan sebuah usaha. Berbagai alasan selalu menjadi penghalang mereka untuk mulai melangkah membuat usaha. Mereka terkendala oleh modal, dan ini selalu menjadi alasan utama bagi kebanyakan orang yang masih takut untuk memulai usaha. Tapi saat mereka memiliki modal, masih saja mereka beralasan masih bingung untuk memulai usaha di bidang apa. 

Masih banyak lagi alasan yang sering digunakan oleh orang – orang yang mentalnya masih mlempem untuk memulai suatu usaha. Untuk itu berikut kami berikan tips mengatasi kesulitan dalam membuka usaha yang sering dijadikan sebagai alasan banyak orang untuk memulai usaha. 

Mengatasi kesulitan modal

Modal menjadi bagian penting dalam menjalankan bisnis, namun tidak adanya modal selalu menjadi hambatan bagi mereka untuk mencoba peluang usaha yang ada. Untuk mengatasi kesulitan modal, anda dapat mencari partner kerja atau mengajukan pinjaman kepada beberapa lembaga keuangan yang melayani masalah permodalan usaha maupun meminjam pada kerabat anda yang dapat membantu. 

Proposal usaha dengan rincian modal yang dibutuhkan sebelum mengajukan pinjaman maupun mencari partner kerja. Dengan membuat proposal maka calon partner kerja lebih percaya serta tidak ragu lagi dengan bisnis yang akan anda jalankan. 

Mengatasi rasa takut terhadap kegagalan

Menjalankan bisnis tidak semulus yang anda bayangkan, kegagalan dan kerugian menjadi hal yang sangat ditakutkan oleh para pebisnis. Jika anda tidak berani melawan rasa takut tersebut maka usaha anda tidak akan berkembang.

Lakukan apa yang anda takutkan, jalankan bisnis dengan fokus dan ketekunan anda. Semua hambatan dalam menjalankan bisnis dapat diselesaikan jika anda fokus dalam menjalankan bisnis tersebut. 

Mengatasi rasa tidak percaya diri

Sama halnya dengan mengatasi rasa takut di atas, anda pun juga harus mampu mengatasi rasa tidak percaya diri. Jika anda merasa tidak percaya diri terus maka bisnis pun juga akan dulit dijalakan.

Untuk meningkatkan rasa percaya diri anda untuk membuka usaha sesuai skill anda. Jika skill anda masih kurang, tidak perlu berkecil hati karena anda juga bisa bekerja sama dengan partner atau mencari SDM yang terampil dan sudah ahli di bidang tersebut. Jadi Anda dapat menjalankan usaha sekalian belajar meningkatkan skill anda. 

Mengatasi kesulitan pemasaran

Kurangnya jaringan bisnis akan membuat pemasaran yang dilakukan pun juga terbatas. Karena itu anda bisa membangun jaringan dari orang – orang yang sering berinteraksi dengan anda seperti rekan kerja, tetangga, kerabat, maupun relasi – relasi kerja yang pernah menjadi partner anda.

Anda bisa menawarkan kelebihan dan prospek usaha anda, agar mereka bersedia menjalin kerjasama dengan bisnis anda. Anda juga bisa membuka jaringan pemasaran dengan berbagai perusahaan besar untuk membantu memasarkan usaha anda.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.