ADVERTISMENT

Tips

6 Cara Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

Artikel ditulis olehAhmad Saleh

 Banyak orang sukses di dunia ini karena memiliki usaha atau bisnis sendiri sehingga tak heran jika setiap orang selalu menginginkan untuk memiliki usaha sendiri.

Salah satu bentuk usaha yang kini diinginkan banyak orang ialah usaha rumahan.

Secara definisi, usaha rumahan merupakan bentuk bisnis atau usaha yang bertempat di rumah sendiri (pemilik bisnis). Selain dapat menjalankan bisnis di rumah, usaha rumahan juga sering dipandang sebagai salah satu usaha yang menguntungkan. Salah satu jenis usaha yang kini banyak dilakukan ialah menjual makanan unik.

Banyak orang ragu saat ingin menjalankan bisnis karena tidak memiliki modal yang cukup. Padahal, memulai bisnis tidak melulu harus memiliki modal yang besar. Dengan mengetahui cara memulai bisnis yang benar, Anda dapat menjalankan bisnis hanya dengan modal kecil.

Lantas, bagaimana cara memulai bisnis dengan modal kecil? Simak ulasannya:

Persiapkan Model Bisnis

Salah satu cara memulai bisnis yang paling pokok adalah mempersiapkan model bisnis yang akan dijalankan. Tentukan model bisnis apa yang akan akan Anda jalankan nanti. Cari tahu informasi bisnis yang sedang berkembang, lalu rencanakan dengan matang.

Sebelum mengeksekusi bisnis yang akan Anda jalankan, tentukan jenis bisnis yang akan dijalankan secara konkret. Setelah itu, Anda dapat melakukan langkah awal yang paling krusial, seperti menentukan budget, target pemasukan, hingga strategi pemasaran.

Proses Produksi

Dalam menjalankan bisnis, perusahaan selalu membuat perencanaan dan strategi agar dapat menghasilkan produk atau layanan yang diinginkan. Untuk mencapai tujuan tersebut, membutuhkan proses bisnis yang akan memberdayakan seluruh sumber daya perusahaan. Tentu saja, setiap perusahaan memiliki proses bisnis yang berbeda-beda.

Proses bisnis adalah inti dari seluruh aktivitas yang ada di dalam perusahaan atau organisasi. Seperti mengutip dari Kissflow, proses bisnis adalah serangkaian strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan konkret. Biasanya, hal ini terkait dengan produk atau layanan yang akan dihasilkan perusahaan atau organisasi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memulai tahap produksi, di antaranya menerapkan standar kualitas produk, menentukan supplier, dan gencarkan promosi.

Perkenalkan Produk kepada Konsumen

Cara memulai bisnis dengan modal kecil selanjutnya, yaitu memperkenalkan produk kepada calon konsumen. Dengan melancarkan strategi marketing, konsumen akan lebih familiar dengan produk dan akan menjadi pelanggan.

Terdapat beberapa cara untuk mempromosikan bisnis Anda, seperti aktif promosi di media sosial dan memaksimalkan digital marketing lainnya. Cara ini akan lebih efektif untuk menjangkau semua konsumen.

Membuat customer experience menjadi salah satu cara memulai bisnis yang cukup efektif. Pada tahap ini, kemungkinan produk Anda sudah sedikit banyak laku. Untuk memaksimalkan penjualan, Anda perlu memanjakan para konsumen.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memanjakan konsumen, seperti menambah variasi pembayaran, meningkatkan customer supportlive chat 24 jam, dan memperluas pengiriman. Untuk mengetahui kebutuhan konsumen, Anda dapat membuat kuesioner atau survey.

Tingkatkan Penjualan

Cara memulai bisnis dengan modal kecil lainnya, yaitu meningkatkan penjualan. Caranya mudah, luncurkan produk atau layanan baru secara kualitas maupun kuantitas. Dengan memperkaya variasi produk, sama dengan bisnis Anda naik ke next level.

Selain itu, Anda juga bisa menarik konsumen dengan promosi, seperti menjual paket bundling produk, promo buy 1 get 1, dan lainnya. Dengan begitu, penjualan atau pelayanan Anda akan jauh lebih diminati para konsumen.

Manfaatkan Setiap Momen

Seperti yang sudah kita ketahui, promosi memiliki peran penting bagi sebuah bisnis. Banyak para pebisnis sukses karena mempunyai strategi promosi yang baik. Maka dari itu, manfaatkan setiap momen untuk melakukan promosi, seperti berpartisipasi saat ada bazzar, event, dan perayaan tertentu lainnya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.